RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : X / I
Materi Pokok : Menulis / Kitabah
Standar Kompetensi : Memahami informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Masjid
A. Kompetensi Dasar
4.1. Menulis kata dan kalimat dengan huruf, ejaan, dan tanda baca yang tepat tentang Masjid
4.2. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca, dan struktur yang tepat tentang Masjid
B. Indikator
KD I
§ Menulis kata dengan tepat
§ Menulis frasa/kalimat dengan tepat
KD II
§ Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§ Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini siswa dapat memahami bahasa Arab dengan baik sesuai dengan struktur tata bahasa yang telah diajarkan dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran
§ Masjid
§ Mudhof Ilaih
E. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
§ Kontekstual Learning
§ Tanya Jawab
§ Insya’iyyah Hurr
§ Penugasan
F. Kegiatan Pembelajaran
Waktu
|
Langkah Pembelajaran
|
Metode
|
Bahan/ Media
|
5’
|
Kegiatan Awal
1. Apersepsi
2. Memastikan kesiapan siswa
3. Penjelasan tujuan pembelajaran
|
Ceramah
Ceramah
Tanya jawab
Ceramah
|
Papan Tulis
|
5’
5’
5’
10’
5’
3’
|
Kegiatan Inti
1. Menunjukkan gambar tentang Masjid dan menjelaskan gambar gambar
2. Menjelaskan kaidah tata cara menyusun kata/frase menjadi kalimat dan wacana dengan struktur tanda baca yang tepat
3. Memberikan berbagai kosa kata yang berkaitan dengan Masjid
4. Memerintahkan siswa membuat cerita berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan tentang Masjid
5. Memerintahkan salah satu siswa untuk membacakan hasil karangannya di depan kelas
6. Memberikan pembenaran jika terdapat kesalahan dalam karangan siswa
|
Ceramah
Ceramah
Ceramah dan Tanya Jawab
Penugasan
Demonstrasi
Tanya Jawab
|
Buku bacaan berbahasa Arab, Laptop, Kamus Arab-Indonesia, Kamus Indonesia-Arab
|
5’
|
Kegiatan Penutup
1. Menilai hasil belajar siswa
2. Memberikan apresiasi kepada siswa dan memberi motivasi belajar
| ||
2’
|
Kegiatan Tindak Lanjut
1. Memberi gambaran materi untuk pertemuan yang akan datang
|
G. Lembar Kegiatan
Siswa membuat karangan bebas dengan tema Masjid
H. Media Pembelajaran
1. Laptop
2. Spidol
I. Sumber belajar
· Buku bacaan berbahasa Arab
· Kamus Arab-Indonesia
· Kamus Indonesia-Arab
J. Penilaian
1. Test tulis
Ø Mengarang bebas
2. Instrument penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek - Aspek
|
Jumlah
| |||
Ketepatan isi dan arti
|
Koherensi antar kalimat
|
Struktur kalimat
|
Kerapian karangan dan tulisan
| |||
1
| ||||||
2
| ||||||
3
|
Rubrik penilaian
Tingkat Pencapaian
|
Kualifikasi
|
Deskripsi
|
90-100
80-89
65-79
55-64
10-54
|
A
B
C
D
E
|
ممتاز
جيّد جدّا
جيّد
ناقص
ناقص جدّاِ
|
Skoring : terentang antara 10-100
Nilai = skor perolehan x 100
Skor maksimum
Mengetahui, Surabaya, 6 April 2011
Pembimbing Calon Guru Bahasa Arab
Dra. Eni purwati, M.Ag Maziyyatul Muslimah
NIP : NIM : D02208078
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih telah berkunjung ke blog kami.
Jika anda menyukai artikel ini, silahkan share via facebook atau Re-Tweet.
Diperbolehkan meng-copy, mengutip, atau menyadur tulisan dalam blog ini dengan tetap menyertakan sumber dan link.
Jangan lupa tinggalkan komentar. n_n