MATA KULIAH : Al-Wasail Al-Ta’limiyah (Media Pembelajaran)
BOBOT SKS : 2 SKS
PRODI/SEMESTER : PBA/IV
PERGURUAN
TINGGI : UIN Sunan Ampel Surabaya
NAMA DOSEN : Maziyyatul Muslimah
NO. HP : 085733022979
A.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas pengetahuan teoritik
tentang media pembelajaran, teknik pembuatan media pembelajaran sederhana untuk
bahasa Arab, syarat-syarat serta aspek- aspek
yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran, dan cara
penggunaannya dalam pembelajaran.
Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa
memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran bahasa Arab dan dapat
merekayasa media yang inovatif, variatif, menarik dan kontemporer serta
memanfaatkannya dalam pembelajaran.
B.
STANDAR KOMPETENSI
Menjadi guru bahasa Arab yang terampil (profesional) dalam memilih,
menggunakan/memanfaatkan, dan membuat media pembelajaran bahasa Arab.
C.
KOMPETENSI DASAR
1.
Memahami
konsep umum tentang teknologi dan media pembelajaran bahasa Arab
2.
Memilih
teknologi dan media pembelajaran bahasa Arab
3.
Memahami
sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran bahasa Arab
4.
Memahami
perpustakaan sebagai pusat sumber dan media belajar bahasa Arab
5.
Memahami
lingkungan sebagai pusat sumber dan media belajar bahasa Arab
6.
Menggunakan
media dan teknologi pada pembelajaran bahasa Arab
7.
Menilai
media dan teknologi pembelajaran bahasa Arab
D.
MATERI KULIAH
Temu
|
Materi Kuliah
|
Metode
|
1.
|
Pembahasan
Silabus dan Kontrak Perkuliahan
1.
Tujuan
mata kuliah, deskripsi, dan urgensi MK
2.
Ruang
lingkup mata kuliah
3.
Kebijakan
pelaksanaan mata kuliah
4.
Kebijakan
penilaian hasil belajar
5.
Tugas
yang harus diselesaikan
6.
Sumber
dan buku ajar yang dipergunakan
7.
Pembagian
tugas kelompok
|
Lecturing
|
2.
|
Konsep
Umum Media Pembelajaran (1)
1.
Definisi
media pembelajaran
2.
Dasar/landasan
penggunaan media pembelajaran
3.
Fungsi
dan kegunaan media pembelajaran
|
Presentasi
Makalah, Diskusi
|
3.
|
Konsep
Umum Media Pembelajaran (2)
1.
Jenis
dan karakteristik media pembelajaran (media pandang non proyeksi, pandang
berproyeksi, media dengar, pandang dengar,…)
2.
Jenis-jenis
media pembelajaran bahasa Arab
3.
Jenis-jenis
media pembelajaran keterampilan bahasa Arab (Istima’, Kalam, Qiraah, Kitabah)
4.
Kelebihan
dan kelemahan media pembelajaran
|
Presentasi
Makalah, Diskusi
|
4.
|
Memilih
Media Pembelajaran Bahasa Arab
1.
Dasar
pertimbangan pemilihan media pembelajaran bahasa Arab
2.
Kriteria
pemilihan media pembelajaran B. Arab
|
Presentasi
Makalah, Diskusi
|
5.
|
Konsep
Umum Sumber Belajar
1.
Definisi
sumber belajar
2.
Klasifikasi
sumber belajar
3.
Komponen
sumber belajar
4.
Fungsi
dan peranan sumber belajar
5.
Kriteria
pemilihan sumber belajar
|
Presentasi
Makalah, Diskusi
|
6.
|
Memahami
Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar Bahasa Arab
1.
Beberapa
definisi perpustakaan
2.
Tujuan
perpustakaan
3.
Fungsi
perpustakaan
4.
Jenis
perpustakaan dan penggunaannya
5.
Penggunaan
Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (PSB) bahasa Arab
|
Presentasi
Makalah, Diskusi
|
7.
|
Memahami
Lingkungan sebagai Media Pemb. BA
1.
Definisi
lingkungan
2.
Tujuan
lingkungan sbg Media Pemb. B. Arab
3.
Jenis
lingkungan sebagai Media Pemb. B. Arab
4.
Teknik
penggunaan lingkungan sbg MPBA
|
Presentasi
Makalah, Diskusi
|
8.
|
Pembelajaran
Bahasa Arab berbasis ICT
1.
Teknik
penggunaan komputer dan internet dalam pembelajaran bahasa Arab
2.
Kelebihan
dan kekurangan komputer & internet
|
Presentasi
Makalah, Diskusi
|
9.
|
Evaluasi
Media Pembelajaran
1.
Tujuan
evaluasi media pembelajaran
2.
Cara
meng-evaluasi media pembelajaran
|
Presentasi
Makalah, Diskusi
|
10.
|
UTS: Pembuatan Media Pembelajaran Sederhana untuk Bahasa Arab dan
Manual Media Pembelajaran
1.
Membuat
manual media pemb. B. Arab
2.
Membuat
MPBA sederhana secara berkelompok
3.
Mempresentasikannya
di depan kelas dalam bentuk simulasi atau permainan
|
|
11.
|
Praktik
Penggunaan MPBA oleh kelompok 1 dan 2
1.
Presentasi/penjelasan
tentang manual MPBA
2.
Praktik
simulasi penggunan MPBA di kelas
3.
Komentar/penilaian
dari audiens dan dosen
|
Student
Active Learning (SAL)
|
12.
|
Praktik
Penggunaan MPBA oleh kelompok 3 dan 4
1.
Presentasi/penjelasan
tentang manual MPBA
2.
Praktik
simulasi penggunan MPBA di kelas
3.
Komentar/penilaian
dari audiens dan dosen
|
Student
Active Learning (SAL)
|
13.
|
Praktik
Penggunaan MPBA oleh kelompok 5 dan 6
1.
Presentasi/penjelasan
tentang manual MPBA
2.
Praktik
simulasi penggunan MPBA di kelas
3.
Komentar/penilaian
dari audiens dan dosen
|
Student
Active Learning (SAL)
|
14.
|
Praktik
Penggunaan MPBA oleh kelompok 7 dan 8
1.
Presentasi/penjelasan
tentang manual MPBA
2.
Praktik
simulasi penggunan MPBA di kelas
3.
Komentar/penilaian
dari audiens dan dosen
|
Student
Active Learning (SAL)
|
15.
|
UAS Ujian Akhir Semester (sesuai jadwal akademik)
|
E.
SISTEM PERKULIAHAN
1.
Pendekatan
dan Metode
a.
Lecturing
b.
Dialog
dan Tanya Jawab
c.
Presentasi
Makalah dan Diskusi
d.
Student Active Learning
e.
Penugasan
2.
Sistem
Penilaian
a.
Keaktifan
partisipasi dalam seminar kelas (25%)
b.
Tugas
dan presentasi (40%)
c.
UTS
dan UAS (25%)
d.
Kehadiran
(10%)
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pengantar
dan kontrak belajar
2.
Lecturing/ceramah (memberikan materi dengan menayangkan slide sesuai dengan
materi kuliah yang diberikan kemudian memberikan pertanyaan tentang materi yang
belum dipahami)
3.
Seminar
kelas (mahasiswa membuat tugas makalah dengan dilengkap power point dan
dipresentasikan di depan kelas, dialog-tanya jawab dengan mahasiswa lain)
4.
Student
Active Learning (mahasiswa
menyelesaikan tugasnya secara individu atau kelompok dengan bimbingan dosen)
5.
Simulasi/Praktik
(mahasiswa membuat produk dan melakukan simulasi secara berkelompok setelah
memahami materi perkuliahan selama setengah semester)
G.
FORMAT PENUGASAN
1.
Tugas
berupa pembuatan makalah dengan pedoman sebagai berikut:
a.
Teknik
penulisan sesuai dengan standar UIN Sunan Ampel Surabaya
b.
Jumlah
halaman 9-20 halaman (minus cover, daftar isi, daftar pustaka)
c.
Jarak
1,5 spasi, ukuran kertas A4
d.
Catatan
berada di kaki (foot note)
e.
Buku
bacaan minimal 5 buah dan dicantumkan dalam daftar pustaka
f.
Pokok
makalah terdiri dari: Pendahuluan, Isi (sesuai kisi-kisi materi), Kesimpulan,
Saran
2.
Tugas
membuat manual dan media pembelajaran dengan ketentuan:
a.
Manual
tertulis terdiri dari: Judul Media, Jenis, Tujuan, Keterampilan yang diasah,
Langkah Penggunaan, Kelebihan dan Kekurangan
b.
Media
pembelajaran dengan menggunakan gambar, bahan, atau perangkat yang dapat
mendukung proses pembelajaran bahasa Arab
H.
REFERENSI
1.
Media
Pembelajaran (Daryanto, 2010)
2.
Multimedia:
Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan (Munir, 2013)
3.
Guru
Go Blog: Pemanfaatan Blog untuk Media Pembelajaran Alternatif (2013)
4.
Media
Pembelajaran Bahasa Arab (Khailullah, 2014)
5.
Pengembangan
Media Pembelajaran (Sukiman, 2014)
Contoh Media PPT unduh di sini!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih telah berkunjung ke blog kami.
Jika anda menyukai artikel ini, silahkan share via facebook atau Re-Tweet.
Diperbolehkan meng-copy, mengutip, atau menyadur tulisan dalam blog ini dengan tetap menyertakan sumber dan link.
Jangan lupa tinggalkan komentar. n_n