Halaman

Minggu, 24 Maret 2013

Ayo Berbisnis!!

A MESSAGE FROM Mr AGUS  ActionCOACH Indonesia


Awalnya tidak ada ketertarikan di dunia bisnis, karena saat itu yang terlihat hanya angka-angka yang sulit diprediksi. Kesannya banyak manipulasi. Salah-salah malah rugi. Padahal modal masih ngoret2 tabungan sendiri. Bisa-bisa tinggal gigit jari nanti-nanti. (-_-')

Tapi opini ini berubah ketika kita benar-benar nyemplung ke dunia super duper dahsyat ini. Merasakan betapa bahagianya ketika konsumen mulai berkumpul melihat barang-barang yang kita tawarkan, mengumpulkan kepingan rupiah dari para pembeli, dan terus berpikir bagaimana caranya agar lebih banyak lagi barang yang bisa habis terjual. Layaknya mengumpulkan score dari bermain playstation. SERU!!

Memang perjalanan ini gak selalu mulus. Ada kalanya perhitungan yg kita rancang ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Salah mengonsep sistem, semuanya malah berantakan.

Tapu justru di sini lah citrarasa seni berbisnis itu. Dari kesalahan-kesalahan ini kita belajar mencari cara agar tidak salah lagi. Hingga akhirnya menemukan sistem yang hebat dengan keuntungan berlipat!!

Ada beberapa nasehat berbisnis yang saya dapatkan dari seorang Business Coach di Seminar Nasional dengan tema "MENUMBUHKAN WIRAUSAHA MUDA" yang bertempat di Auditorium Universitas Ciputra Surabaya hari kamis 21/3/'13 lalu. Rasanya sayang sekali jika kata-kata inspiratif ini hanya saya simpan sendiri. Pasti akan lebih seru ketika teman-teman juga sukses dengan bisnis masing-masing. Seperti kata David McCelland, "2% Enterpreneur untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa."
Simak baik-baik ya:

1. DORONG
Harus ada dorongan kuat yang memotivasi kita untuk berbisnis. Bisnis juga butuh kefokusan yang tinggi. Motivasi yang lemah dalam berbisnis bisa mempengaruhi hasil kurang optimal.
Segera temukan alasan kenapa anda harus berbisnis.
Selanjutnya, lakukan! karena bisnis tidak bisa hanya di angan-angan.

2. DIDIK
Cari tahu hal-hal yang berkaitan dengan bisnis kita. Kalo bisninsnya tentang properti, ya cari tahu apa saja yang berkaitan dengan properti. Dari mana kita mendapatkan bahan, bagaimana cara produksi, anggaran dana yang harus disiapkan, harga jual, target konsumen, hingga teknis pemasarannya.
TIPS: siapkan juga dana cadangan di luar anggaran dana yang sudah disiapkan. Karena terkadang keutungan yang sebelumnya kita prediksi tertunda cairnya karena hal-hal di luar kendali kita. Dana cadangan bisa membantu kita meneruskan sistem yang sudah kita konsep. Sehingga bisnis kita bisa tetap berjalan.

3. LATIH
Setelah mendapatkan informasi yang cukup tentang bisnis kita, kini saatnya praktikum. Dengan mengapilkasikan teori-teori yang kita pelajari sebelumnya di lapangan bisnis yang real, kita bisa tahu kelebihan dan kekurangan teori-teori tersebut. Dan akhirnya bisa memilih teori mana yang paling cocok untuk bisnis kita.

4. TEMPA
Selalu ada cobaan dalam dunia bisnis. Seorang wirausahawan dituntut memiliki karakter tangguh. Kesuksesan terkadang berada 1 langkah dari titik di mana kita memutuskan untuk menyerah. Seperti yang dilansir oleh suatu Lembaga Survey dari Amerika Serikat, setelah 5 tahun, 100 wirausahan akan mulai menghadapi cobaan dalam bisnis mereka. Dan dari 100 wirausahawan itu, hanya 20 orang yang bertahan dan sukses.
Cobaan bisnis juga tidak berhenti sampai di titik ini. Akan ada cobaan yang bahkan lebih dahsyat lagi ketika usaha telah memasuki tahun kesepuluh. Beberapa diantaranya menyerah. Dan dari 20 wirausahan yang sebelumnya berhasil melewati rintangan di lima tahun pertama, hanya 4 orang yang memutuskan untuk melanjutkan bisinisnya dan sukses.
Fakta ini juga terjadi hampir di setiap negara. 

5. JAGA
Intregritas dalam berbisnis juga sangat diperlukan. Setelah menemukan sistem, audit, dan standar mutu yang baik, seorang wirausahawan harus mampu menjaga konsistensinya. Konsumen adalah lembaga audit terbaik dalam menilai produk anda. Mendapatkan kepercayaan dari konsumen jauh lebih mudah dibandingkan mempertahankannya. Segera perbaiki citra usaha anda ketika kepercayaan konsumen mulai menurun.

6. KEMBANGKAN
Berhasil menjaga dan mengendalikan mutu usaha anda, kini saatnya melebarkan sayap. Cobalah untuk terbuka dengan segala kesempatan yang mungkin bisa memajukan bisnis anda. Tentu saja dengan tetap selektif. DORONG diperlukan lagi ketika kita sudah berada di tahap ini.

Itulah tadi beberapa petuah yang saya dapatkan dari Mr Agus selaku Business Coach dalam acara luar biasa inspiratif kemarin. Semoga teman-teman para pembaca juga mulai terinspirasi.
Karena kesuksesan kita dalam berwirausaha juga merupakan kesuksesan bangsa kita.
"The more you give, the more you get."
Kalau sudah sukses, jangan lupa sedekah ya...
Selamat mencoba.....

1 komentar:

  1. Subhanallah......... be Creatif nyoooo by punya adikk.... sukseeesss selalu yo bisnis nya... <3 <3

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami.
Jika anda menyukai artikel ini, silahkan share via facebook atau Re-Tweet.
Diperbolehkan meng-copy, mengutip, atau menyadur tulisan dalam blog ini dengan tetap menyertakan sumber dan link.
Jangan lupa tinggalkan komentar. n_n