Halaman

Selasa, 24 Juni 2014

Media Pembelajaran Bahasa Arab


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

MATA KULIAH                   :  Al-Wasail Al-Ta’limiyah (Media Pembelajaran)
BOBOT SKS                         :  2 SKS
PRODI/SEMESTER            :  PBA/IV
PERGURUAN TINGGI       :  UIN Sunan Ampel Surabaya
NAMA DOSEN                     :  Maziyyatul Muslimah
NO. HP                                   :  085733022979

A.    DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas pengetahuan teoritik tentang media pembelajaran, teknik pembuatan media pembelajaran sederhana untuk bahasa Arab, syarat-syarat serta aspek- aspek  yang harus diperhatikan dalam penggunaan media pembelajaran, dan cara penggunaannya dalam pembelajaran.
Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran bahasa Arab dan dapat merekayasa media yang inovatif, variatif, menarik dan kontemporer serta memanfaatkannya dalam pembelajaran. 
B.     STANDAR KOMPETENSI
Menjadi guru bahasa Arab yang terampil (profesional) dalam memilih, menggunakan/memanfaatkan, dan membuat media pembelajaran bahasa Arab.

C.    KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami konsep umum tentang teknologi dan media pembelajaran bahasa Arab
2.      Memilih teknologi dan media pembelajaran bahasa Arab
3.      Memahami sumber belajar sebagai komponen media pembelajaran bahasa Arab
4.      Memahami perpustakaan sebagai pusat sumber dan media belajar bahasa Arab
5.      Memahami lingkungan sebagai pusat sumber dan media belajar bahasa Arab
6.      Menggunakan media dan teknologi pada pembelajaran bahasa Arab
7.      Menilai media dan teknologi pembelajaran bahasa Arab

D.    MATERI KULIAH
Temu
Materi Kuliah
Metode
1.
Pembahasan Silabus dan Kontrak Perkuliahan
1.      Tujuan mata kuliah, deskripsi, dan urgensi MK
2.      Ruang lingkup mata kuliah
3.      Kebijakan pelaksanaan mata kuliah
4.      Kebijakan penilaian hasil belajar
5.      Tugas yang harus diselesaikan
6.      Sumber dan buku ajar yang dipergunakan
7.      Pembagian tugas kelompok
Lecturing
2.
Konsep Umum Media Pembelajaran (1)
1.      Definisi media pembelajaran
2.      Dasar/landasan penggunaan media pembelajaran
3.      Fungsi dan kegunaan media pembelajaran
Presentasi Makalah, Diskusi
3.
Konsep Umum Media Pembelajaran (2)
1.      Jenis dan karakteristik media pembelajaran (media pandang non proyeksi, pandang berproyeksi, media dengar, pandang dengar,…)
2.      Jenis-jenis media pembelajaran bahasa Arab
3.      Jenis-jenis media pembelajaran keterampilan bahasa Arab (Istima’, Kalam, Qiraah, Kitabah)
4.      Kelebihan dan kelemahan media pembelajaran
Presentasi Makalah, Diskusi
4.
Memilih Media Pembelajaran Bahasa Arab
1.      Dasar pertimbangan pemilihan media pembelajaran bahasa Arab
2.      Kriteria pemilihan media pembelajaran B. Arab
Presentasi Makalah, Diskusi
5.
Konsep Umum Sumber Belajar
1.      Definisi sumber belajar
2.      Klasifikasi sumber belajar
3.      Komponen sumber belajar
4.      Fungsi dan peranan sumber belajar
5.      Kriteria pemilihan sumber belajar
Presentasi Makalah, Diskusi
6.
Memahami Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar Bahasa Arab
1.      Beberapa definisi perpustakaan
2.      Tujuan perpustakaan
3.      Fungsi perpustakaan
4.      Jenis perpustakaan dan penggunaannya
5.      Penggunaan Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar (PSB) bahasa Arab
Presentasi Makalah, Diskusi
7.
Memahami Lingkungan sebagai Media Pemb. BA
1.         Definisi lingkungan
2.         Tujuan lingkungan sbg Media Pemb. B. Arab
3.         Jenis lingkungan sebagai Media Pemb. B. Arab
4.         Teknik penggunaan lingkungan sbg MPBA
Presentasi Makalah, Diskusi
8.
Pembelajaran Bahasa Arab berbasis ICT
1.      Teknik penggunaan komputer dan internet dalam pembelajaran bahasa Arab
2.      Kelebihan dan kekurangan komputer & internet
Presentasi Makalah, Diskusi
9.
Evaluasi Media Pembelajaran
1.      Tujuan evaluasi media pembelajaran
2.      Cara meng-evaluasi media pembelajaran
Presentasi Makalah, Diskusi
10.
UTS: Pembuatan Media Pembelajaran Sederhana untuk Bahasa Arab dan Manual Media Pembelajaran
1.      Membuat manual media pemb. B. Arab
2.      Membuat MPBA sederhana secara berkelompok
3.      Mempresentasikannya di depan kelas dalam bentuk simulasi atau permainan

11.
Praktik Penggunaan MPBA oleh kelompok 1 dan 2
1.      Presentasi/penjelasan tentang manual MPBA
2.      Praktik simulasi penggunan MPBA di kelas
3.      Komentar/penilaian dari audiens dan dosen
Student Active Learning (SAL)
12.
Praktik Penggunaan MPBA oleh kelompok 3 dan 4
1.      Presentasi/penjelasan tentang manual MPBA
2.      Praktik simulasi penggunan MPBA di kelas
3.      Komentar/penilaian dari audiens dan dosen
Student Active Learning (SAL)
13.
Praktik Penggunaan MPBA oleh kelompok 5 dan 6
1.      Presentasi/penjelasan tentang manual MPBA
2.      Praktik simulasi penggunan MPBA di kelas
3.      Komentar/penilaian dari audiens dan dosen
Student Active Learning (SAL)
14.
Praktik Penggunaan MPBA oleh kelompok 7 dan 8
1.      Presentasi/penjelasan tentang manual MPBA
2.      Praktik simulasi penggunan MPBA di kelas
3.      Komentar/penilaian dari audiens dan dosen
Student Active Learning (SAL)
15.
UAS Ujian Akhir Semester (sesuai jadwal akademik)


E.     SISTEM PERKULIAHAN
1.      Pendekatan dan Metode
a.      Lecturing
b.      Dialog dan Tanya Jawab
c.       Presentasi Makalah dan Diskusi
d.      Student Active Learning
e.       Penugasan
2.      Sistem Penilaian
a.       Keaktifan partisipasi dalam seminar kelas (25%)
b.      Tugas dan presentasi (40%)
c.       UTS dan UAS (25%)
d.      Kehadiran (10%)

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Pengantar dan kontrak belajar
2.      Lecturing/ceramah (memberikan materi dengan menayangkan slide sesuai dengan materi kuliah yang diberikan kemudian memberikan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami)
3.      Seminar kelas (mahasiswa membuat tugas makalah dengan dilengkap power point dan dipresentasikan di depan kelas, dialog-tanya jawab dengan mahasiswa lain)
4.      Student Active Learning (mahasiswa menyelesaikan tugasnya secara individu atau kelompok dengan bimbingan dosen)
5.      Simulasi/Praktik (mahasiswa membuat produk dan melakukan simulasi secara berkelompok setelah memahami materi perkuliahan selama setengah semester)

G.    FORMAT PENUGASAN
1.      Tugas berupa pembuatan makalah dengan pedoman sebagai berikut:
a.       Teknik penulisan sesuai dengan standar UIN Sunan Ampel Surabaya
b.      Jumlah halaman 9-20 halaman (minus cover, daftar isi, daftar pustaka)
c.       Jarak 1,5 spasi, ukuran kertas A4
d.      Catatan berada di kaki (foot note)
e.       Buku bacaan minimal 5 buah dan dicantumkan dalam daftar pustaka
f.       Pokok makalah terdiri dari: Pendahuluan, Isi (sesuai kisi-kisi materi), Kesimpulan, Saran
2.    Tugas membuat manual dan media pembelajaran dengan ketentuan:
a.       Manual tertulis terdiri dari: Judul Media, Jenis, Tujuan, Keterampilan yang diasah, Langkah Penggunaan, Kelebihan dan Kekurangan
b.      Media pembelajaran dengan menggunakan gambar, bahan, atau perangkat yang dapat mendukung proses pembelajaran bahasa Arab

H.    REFERENSI
1.      Media Pembelajaran (Daryanto, 2010)
2.      Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan (Munir, 2013)
3.      Guru Go Blog: Pemanfaatan Blog untuk Media Pembelajaran Alternatif (2013)
4.      Media Pembelajaran Bahasa Arab (Khailullah, 2014)

5.      Pengembangan Media Pembelajaran (Sukiman, 2014)

Contoh Media PPT unduh di sini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ke blog kami.
Jika anda menyukai artikel ini, silahkan share via facebook atau Re-Tweet.
Diperbolehkan meng-copy, mengutip, atau menyadur tulisan dalam blog ini dengan tetap menyertakan sumber dan link.
Jangan lupa tinggalkan komentar. n_n